Tebalnya Es di Kutub Mars

Mars Express, salah satu satelit yang mengelilingi planet Mars, menemukan tumpahan es dalam ukuran raksasa di kutub selatan planet tersebut. Jika mencair, mungkin dapat menggenangi seluruh permukaan planet merah setinggi 11 meter. Para ilmuwan meng gunakan MARSIS (Mars Advanced Radar for Subsurface and Ionospheric Sounding), instrumen radar milik Badan Antariksa AS (NASA) dan Italia (ASI) yang dibawa wahana milik Eropa itu untuk mengukur ketebalan dan volume deposit es di Planet Mars. Hasil dari catatan MARSIS adalah deposit setebal 3,68 kilometer yang berada di bawah permukaan kutub selatan Mars yang tersusun dari air dan karbon dioksida beku. Seperti disebutkan dalam jurnal Science, diperkirakan sekitar 90 persennya berupa es bercampur debu.
Sebenarnya, penemuan es di kutub Mars telah lama diketahui. Pengamatan es di kutub selatan Mars telah dilakukan sejak akhir tahun 2005, sedangkan di kutub utara beberapa bulan berikutnya. Namun, baru kali ini dilakukan pengukuran secara akurat.
“Teknik yang sama akan dipakai juga untuk mengukur bongkah es yang juga terlihat di kutub utara Mars,” ujar ketua tim peneliti Jeffrey Plaut dari Laboratorium Propulsi Jet NASA di Pasadena, California seperti yang dilansir dari Kompas.com. Plaut menyatakan informasi awal menunjukkan bahwa deposit es di kutub selatan sebanding dengan di kutub utara.

Kutub merupakan kunci utama pencarian jejak kehidupan di planet Mars karena mengandung banyak air. Di permukaan Mars juga banyak ditemukan saluran mirip kanal sungai. Para ilmuwan masih mempelajari sejarah terbentuknya air di Mars untuk mengungkap kemungkinan adanya bentuk kehidupan di sana.
Namun demikian, hilangnya air di Mars masih menjadi misteri. Plaut memprediksi, permukaan Mars di masa lalu mungkin digenangi air hingga ratusan meter. Sedangkan, jika es di kedua kutubnya saat ini mencair mungkin hanya mewakili 10 persennya saja. Sisanya mungkin terkubur di bawah permukaannya atau menguap ke luar angkasa.n
(KCM/Nilna Rahmi Isna,SMAN 2 Padang)

diterbitkan oleh Pmails edisi 79, 24 – 31 Maret 2007

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s