Spesies Ikan Hiu dan Pari

Tak disangka, ternyata Indonesia memiliki keanekaragaman ikan Hiu dan Pari tertinggi di dunia. Sebanyak 20 spesies baru dari kedua jenis ikan ini ditemukan di Indonesia. Temuan ini merupakan hasil survey para peneliti Indonesia dan Australia selama lima tahun terakhir, yang mana diamati dari ikan-ikan hasil tangkapan nelayan yang dijual di pasar.
Diantara spesies baru tersebut adalah ikan hiu macan bali dan ikan berhidung sekop jimbaran yang ditemukan pertama kali di Bali serta ikan pari Hortle yang hanya ditemukan di Papua Barat. Ketiga ikan ini beserta tiga spesies lainnya telah dilapor kan para penelitinya ke jurnal peer review dan akan menyusul 14 jenis lain yang masih dipersiapkan laporannya.
Salah satu penulis makalah pentlitian, bernama William White mengatakan bahwa Indonesia tidak hanya memiliki keanekaragaman paling tinggi, tapi juga volume tangkapan ikan hiu dan ikan pari terbesar di dunia, yakni lebih dari 100 ribu Ton pertahun.
Selama lima tahun sejak tahun 2001, para peneliti memotret dan mengumpulkan sampel mencapai 130 lebih spesies dengan 22 kali survey di 11 pelabuhan di Indonesia. Lebih dari 800 spesies diawetkan untuk kemudian dikoleksi di museum Zoologicum Bogoriense Cibinong, Jawa Barat. Selain itu, juga disimpan di Australian National Fish Collection di Hobart, Australia.
Survey tersebut dilakukan untuk meningkatkan kualitas manajemen ikan hiu dan pari di Indonesia dan Australia. Penelitian ini, mengandalkan Informasi taksonomi sebagai modal utama mengelola ikan hiu dan pari yang tingkat reproduksinya rendah dan sangat rentan terhadap ancaman penangkapan yang berlebihan (Overfishing).
Survey yang merupakan bagian dari proyek besar ini didanai oleh Australian Comonwelth Scientific and Industrial Research Organization (CSIRO) bekerja sama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Ini adalah surey terbesar pertama yang diadakan di Indonesia sejak ilmuwan Belanda, Pieter Drekker, mendeskripsikan lebih dari 1.100 spesies selama tahun 1842 hingga 1860.(Sumber/Nilna Rahmi Isna, SMAN 2 Padang)

diterbitkan oleh tabloid Pmails edisi 77, 11 – 17 Maret 2007

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s