Mereka Saling Berkawan

Aneh tapi lucu. Sepasang harimau dan sepasang monyet saling berkawan. Kempat-empatnya akrab satu sama lain. kedua harimau tersebut adalah harimau sumatera kembar yang baru berusia satu bulan. Sedangkan sahabatnya adalah dua orangutan betina yang masih berumur lima bulan. Fenomena ini nyaris mustahil terjadi di bumi satwa.
Persahabatan antara dua orangutan muda bernama Nia dan Irma dengan dua harimau bernama Dema dan Manis ini ditemukan di Taman Safari Cisarua. Kawanan langka ini berawal dari tempat perawatan, dimana keduanya saling berbagi kamar.
Nia, Irma, Dema dan Manis dipisahkan dari induknya masing-masing setelah lahir. Mungkin karena ini juga, keempatnya bermain-main satu sama lain. Mereka bahkan satu tempat tidur dan berbaring berdekatan saat beristirahat.
Sri Suwarni, petugas Taman Safari, pada sebuah koran nasional mengatakan, “”Ini adalah hal aneh yang tidak akan terjadi di alam liar.” Lanjutnya, “Seperti layaknya anak-anak manusia, mereka hanya ingin bermain. Keempatnya sudah tinggal bersama selama sebulan tanpa ada kejadian yang membahayakan lainnya.”
Namun demikian, banyak pihak yang menyatakan bahwa hubungan pertemanan ini tidak akan berlangsung lama. Seiring dengan pertumbuhan, hewan-hewan tersebut akan mengenal alam mereka masing-masing. Naluri alaminya juga muncul. Beberapa saat yang akan datang, pastilah kedua harimau ini tahu bahwa daging adalah makanan mereka. “Mereka akan dipisahkan bila saatnya tiba. Menyedihkan memang, tapi kit tidak bisa mengubah perilaku alaminya,” ujar dokter hewan, Retno Sudarwati.
Kedua binatang ini, Harimau dan Orangutan Sumatera adalah satwa yang mesti dilindungi. Hidup mereka terancam karena perburuan liar dan rusaknya habitat mereka akibat perambahan oleh manusia. Jumlah harimau saat ini diperkirakan kurang dari 700 ekor sedangkan orangutan sekitar 60.000 ekor di alam liar. Hampir 90 persen habitat hewan-hewan ini rusak karena penebangan liar serta pembukaan hutan untuk ladang dan perkebunan. (AP/Nilna Rahmi Isna,SMAN 2 Padang)

diterbitkan oleh tabloid Pmails edisi 77, 11 – 17 Maret 2007

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s