Pilihan Winny

Nayla, Alysa, Winny dan Shally pulang bareng hari ini. Tadi hujan lebat, sangat lebat hingga menunda waktu kepulangan mereka. ( Alaah,, kaya’ take off, pake di tunda-tunda!). NayLa suka sekali dengan hujan. Sama dengan cintanya pada SMANdoe. Lapangan rumput serta daun-daun pohon cemara di sekitaran SMANdoe terlihat indah dibasahi titik-titik hujan. Pemandangan ini yang paling disukai Nayla di setiap sudut SMANdoe.


“Hahaha…… haha…,” gelak tawa terdengar riang di sela-sela langkah mereka. Nayla dan teman-temannya memilih duduk di bawah pohon ceri di luar sekolah mereka. Inilah saat-saat Nayla dan teman-temannya duduk sambil menunggu angkot pulang. (Lebih tepatnya, duduk sambil memilih-milih angkot.) Hujan sudah reda, meski matahari belum juga menampakkan wajahnya.
“Hari ini kita serahkan kepada Winny untuk memilih angkot,” putus Alysa. Winny mah, ngangguk2 aja dengan keputusan itu.
Mereka akan ke toko kado. Winny ingin membelikan kado ultah buat adiknya. Selama ini, Winny yang selalu mengikut apa kata teman-temannya. Hari ini, Alysa mengajaknya belajar mandiri, belajar bertanggungjawab dalam pilihannya.
“Hahaha… hahaha…” tawa canmda itu masih saja membahana.

Di angkot:
“Ooo… jadi ini pilihan Winny,” bisik Alysa ke Nayla. Nayla terkikik antara geli dan kesal. Baru saja angkot yang mereka naiki berhenti mendadak. BAN-nya bocor. Apalagi warna musik tu mobil yang Tempoe Doeloe.
Mobil itu dienjot-enjot, semua penumpang mendadak bergoyang, mendadak dangdut.
“Lumayan Win, dapat enjot-enjotan gratis,” sindir Shally menikmati suasana.
“Win, hidup memang penuh pilihan dan menentukan pilihan itu sulit, sangat sulit,” tutur Nayla sok diplomatis, juga menikmati suasana.
“Yah.. asalkan tidak dibawa ke pernikahan. Ntar salah pilih lagi. Ntar yang terjadi adalah kekerasan dalam rumah tangga yang penuh genjot-genjotan,” sambar Putri yang kebetulan satu-angkot.
Gelak tawa pun kembali terdengar.
Tidak peduli pandangan sinis sebagian penumpang lain.
Tidak peduli senyum simpul sebagian penumpang lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s