Saingan Menara Eiffel

Sebuah gedung pencakar langit didirikan di kota Paris, Prancis. Gedung tersebut dinamakan Lighthouse dengan ketinggian mencapai 300 meter. Gedung ini disinyalir sebagai gedung kedua tertinggi di Paris setelah menara Eiffel. Rancangan gedung pencakar langir ini dipilih berdasarkan kompetisi yang dilakukan oleh perusahaan property Prancis, Unibail. Pembangunannya pun merupakan sebagian dari renovasi kawasan bisnis La Defense.
Nama Tom Mayne, disebut sebagai arsitek utama bangunan ini. Tom Mayne yang tahun lalu mendapat penghargaan Pritzker, salah satu penghargaan arsitektue bergengsi di dunia, berhasil mengalahkan saingan-saingan terberatnya, seperti Juan Novel, arsitek terkenal di Paris, dan Norman Foster yang merupakan arsitek ternama di Inggris.
Pembangunan Lighthouse yang meraup dana sekitar US$ 1,05 milyar ini, direncanakan akan selesai pada tahun 2012 nanti. Struktur bangunannya dirancang dalam bentuk kombinasi antara dasar persegi panjang dengan menara melengkung ke atas. Menurut Tom Mayne, gedung ini adalah ikon gedung di kota Paris. Lighthouse akan menjadi prototype dari ‘gedung hijau’ dengan turbin angin yang akan menghasilkan sistem pemanasan serta ‘dinding ganda’ dari baja dan kaca untuk mekanisme pendingin musim panas.
Unbail menyebut proyek bangunan ini sebagai peristiwa arsitektur untuk menghormati gedung utama di La Defense. Padahal sebelumnya, dalam 30 tahun belakangan ini Dewan Kota Paris melarang pembangunan gedung-gedung pencakar langit. Namun larangan itu akhirnya melemah setelah pemerintah pusat Prancis mendukung penuh pembangunan ini. Pembangunannya pun kini berada di bawah pengawasan EPAD, yang bertanggungjawab dalam peremajaan wilayah ibukota.(berbagai sumber /Nilna Rahmi Isna/SMAN 2 Padang)

Halaman Insting Tabloid Pmails, edisi 64

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s