30 Kantong Darah

Palang Merah Remaja (PMR) SMAN 2 Padang menggalang aksi donor darah antar wargasekolah. Kegiatan ini merupakan program tahunan SMAN 2 dalam rangka memperingati ulang tahun SMAN 2 Padang yang ke 45 dan Indonesia yang ke 61. Dari beberapa orang yang mendaftar, hanya 30 orang yang akhirnya bersedia mendonorkan darahnya. Hal ini disebabkan kurangnya pengetahuan para pendaftar terhadap persyaratan donor darah. Diantaranya, umur harus 17 tahun ke atas, berat badan melebihi 45 kg dan tidak dalam masa menstruasi bagi wanita.  Selain itu, banyak juga pelajar terutama siswi yang awalnya berniat tapi takut akan jarum suntik. Beberapa guru bahkan menolak karena tidak mau mendonorkan darah secara rutin.
Donor darah tahun ini dilaksanakan atas kerjasama PMR SMAN 2 Padang dengan PMI Cabang Kota Padang Unit Transfusi Darah Komp. RS M. Djamil Padang yang diketuai oleh Bapak Mukhlis Sani. Donor darah di SMAN 2 sendiri ditangani langsung oleh Bapak Zainal Artifin dari UTD dan dr. Is Johan dari PMI. Dalam hal ini terkumpul sebanyak 30 kantong darah yang nantinya disalurkan ke beberapa rumah sakit di Kota Padang.
Proses donor darah ini juga lumayan panjang. Pertama pendonor ditimbang berat badannya, periksa darah, ukur tensi kemudian darahnya di uji saring. Setelah itu barulah pendonor diambiol darahnya lewat bantuan tim PMI. Selesai donor, pendonor disuguhi makanan kecil untuk memulihkan kembali stamina setelah diambil darahnya. Bapak Zainal pun menyatakan bahwa darah yang diambil adalah darah berlebih dari tubuh tensi normal. Jadi, tidak ada efek samping apapun malah membawa dampak positif. Disamping pahala kemanusiaan juga sekaligus membersihkan darah karena darah segera di produksi kembali.
Alfernado Arlis dan Angga Ruli Putra selaku ketua umum dan ketua pelaksana aksi donor darah 2006 ini, menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para pendonor yang telah bersedia menyumbangkan darahnya, meskipun jumlah kantong darah yang terkumpul lebih sedikit dibanding tahun lalu, yaitu 40 kantong. “Setetes darah yang anda berikan sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan,” sahut mereka. (Nilna Rahmi Isna/SMAN 2 Padang)

School News Tabloid Pmails edisi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s