Makanan Sehat Agar Remaja Bugar dan Ideal

gambar-1-piramida-makanan-berdasarkan-pugsRemaja kebanyakan kepinginnya punya tubuh yang ideal, tak gemuk, tak kurus, dan tentunya sehat. Si Rima, sudah berdiet mati-matian untuk menurunkan berat badannya. Pada bulan pertama diet, berat Rima memang turun, tapi pada bulan-bulan berikutnya beratnya tidak mau turun lagi, malah makin meningkat. Ternyata, Rima melakukan diet hanya dengan mengurangi makan nasi. Sementara untuk makan camilan dan makan-makanan dengan kalori tinggi lainnya, Rima tetap tekun. Hehe.
Nah, menurut buku Panduan Gizi Lengkap Keluarga dan Olahragawan, yang ditulis oleh Drs. Djoko Pekik Irianto, M.Kes, ada 10 kriteria makan sehat berimbang dan 13 pesan dasar gizi seimbang.
Kriteria makanan sehat berimbang, antara lain :
1.    Cukup Kuantitas
Maksudnya, banyaknya makanan yang dimakan oleh setiap orang tergantung pada berat badan, jenis kelamin, usia, dan jenis kesibukan orang tersebut. Contohnya, pelajar olahragawan tentu membutuhkan asupan makanan yang lebih banyak dibanding pelajar biasa.
2.    Proporsional
Jumlah makanan yang dikonsumsi sesuai dengan proporsi makan sehat berimbang, yaitu karbohidrat 60%, lemak 25%, protein 15 %, dan cukup kebutuhan vitamin, air, dan mineral.
3.    Cukup Kualitas
Perlu mempertimbangkan kualitas makanan, seperti kadar proposionalnya, rasanya, dan penampilannya.
4.    Sehat dan Higienis
Makanan harus steril atau terbebas dari kuman penyakit. Salah satu upaya untuk mensterilkan makanan tersebut adalah dengan cara mencuci bersih dan memasak hingga suhu tertentu sebelum dikonsumsi.
5.    Makanan segar dan bukan suplemen
Sayur-sayuran dan buah-buahan segar lebih menyehatkan dibanding makanan pabrik, junkfood, ataupun fastfood.
6.    Makanan golongan nabati lebih sehat daripada golongan hewani
Hal ini karena makanan nabati lebih sedikit kandungan lemak, terutama lemak jenuh.
7.    Cara masak jangan berlebihan
Misalnya, sayur yang direbus terlalu lama dan dengan suhu tinggi justru menyebabkan kehilangan vitamin dan mineral pada sayur tersebut.
8.    Teratur dalam penyajian
Misalnya, Fani makan pagi pukul 7 pagi, makan siang pukul 1 siang, dan makan malam pukul 7 malam. Pola penyajian ini dilakukan teratur setiap hari. Waktu penyajian makan  ini tak harus sama untuk setiap orang. Teman Fani, Ina, boleh-boleh saja mengatur jadwal makannya dengan makan pagi pukul 7 pagi, makan siang pukul 2 siang, dan makan malam pukul 8 malam. Penyajian makan tetap teratur setiap hari. Jangan membiasakan makan “kapan ingat” karena dapat menyebablan gangguan pencernaa, seperti sakit maag atau buang air tak lancer.
9.    Frekuensi 5 kali sehari
Misalnya, 3 kali makan utama dan 2 kali makan selingan. Ingat, makanan yang dikonsumsi tersebut tetap disesuaikan dengan kapasitas lambung ya!
10.    Minum 6 gelas air sehari
Tubuh memerlukan 2550 liter air per hari. Kebutuhan air tersebut didapat dari makanan sebanyak 100 ml, sisa metabolism sebanyak 350 ml dan yang berasal dari air minum sebanyak 1200 liter. Untuk itu, dianjurkan meminum air sebanyak 6 gelas air yang setara dengan 1200 liter.

Nah, selain memperhatikan kriteria makanan sehat berimbang, juga dilaksanakan 13 Pesan Dasar Gizi Seimbang untuk meningkatkan kualitas makanan yang akan kita makan. 13 Pesan Dasar Gizi Seimbang tersebut, antara lain :
1.    Beragam
2.    Cukup energy
3.    Karbohidrat ½ dari energi
4.    Lemak ¼ dari energy
5.    Menggunakan garam beriodium
6.    Makan sumber zat besi
7.    ASI hingga usia 4 bulan (pada bayi)
8.    Membiasakan sarapan
9.    Cukup minum air
10.    Imbangi dengan olahraga
11.    Hindari rokok dan alcohol
12.    Pilih makanan sehat
13.    Baca label kemasan (misal, melihat daftar komposisi dan tanggal kadaluarsa)

(NILNA RAHMI ISNA)

terbit di tabloid P’Mails edisi 176

About these ads

3 thoughts on “Makanan Sehat Agar Remaja Bugar dan Ideal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s