Mengenal Kanker Payudara Sedari Dini

Kanker payudara diawali ketika sejumlah sel-sel di dalam payudara tumbuh dan berkembang secara berlebihan. Pertumbuhan sel-sel yang tidak normal itu membentuk gumpalan besar serupa benjolan yang mana disebut sebagai tumor. Tumor memiliki dua sifat yaitu jinak dan ganas. Apabila pertumbuhan sel-sel yang berlebihan itu tidak dapat dikendalikan oleh tubuh, itulah yang disebut dengan neoplasma. Neoplasma kemudian akan menyerang jaringan sekitar dan menyebar ke seluruh tubuh. Keadaan seperti ini disebut neoplasma ganas. Neoplasma ganas pada payudara inilah yang akhirnya disebut kanker payudara.
Kanker payudara tidak menyerang kulit payudara yang berfungsi sebagai pembungkus, melainkan menyerang kelenjar, saluran, dan jaringan penunjang payudara yang menyebabkan sel dan jaringan payudara berubah bentuk menjadi abnormal dan bertambah banyak secara tak terkendali.
Sel kanker payudara yang pertama dapat tumbuh menjadi tumor sebesar 1 cm pada waktu 8-12 tahun. Awalnya, sel kanker tersebut bersembunyi pada kelenjar payudara tanpa kita sadari. Kemudian, sel-sel ini menyebar melalui aliran darah ke seluruh tubuh. Penyebaran ini pun tak kita ketahui. Hingga tiba-tiba sel kanker aktif dan menjadi neoplasma ganas atau kanker.

Anatomi Payudara
Payudara terdiri dari kumpulan kelenjar dan jaringan lemak yang terletak di antara kulit dan tulang dada. Kelenjar di dalam payudara akan menghasilkan susu setelah seorang wanita mlahirkan. Kelenjar-kelenjar susu itu disebut lobule. Lobule berasal dari kata lobe yang artinya kantung penghasil susu. Sisa bagian dalam payudara terdiri dari jaringan lemak dan jaringan berserat yang saling berhubungan. Jaringan-jaringan ini mengikat payudara dan mempengaruhi bentuk dan ukuran. Terdapat juga pembuluh darah dan kelenjar getah bening pada payudara.

Ciri-ciri kanker payudara
Pada tahap awal, gejala kanker payudara tak terlihat. Biasanya penerita tidak merasakan sakit dan merasa tidak ada tanda-tanda sama sekali. Inilah sebabnya mengapa banyak orang yang terlambat menyadari kehadiran kanker payudara.

Beberapa ciri-ciri yang perlu diperhatikan antara lain :
n Benjolan yang tidak hilang atau permanen, biasanya tidak sakit dan terasa keras bila disentuh atau penebalan pada kulit payudara atau di sekitar ketiak.
n    Ada rasa nyeri atau sakit pada payudara.
n     Semakin lama benjolan yang tumbuh semakin besar.
n    Perubahan ukuran atau bentuk payudara karena mulai timbul pembengkakan.
n    Timbul luka pada payudara dan lama tidak sembuh meskipun sudah diobati, serta puting susu seperti koreng atau eksim.
n    Puting tertarik ke dalam.
n    Kulit payudara berkerut seperti kulit jeruk (peau d’orange)
n     Terkadang keluar cairan, darah merah kehitam-hitaman, atau nanah dari putting susu, atau keluar air susu pada wanita yang tidak sedang hamil atau tidak sedang menyusui.
n    Benjolan menyerupai bunga kobis dan mudah berdarah.
Apabila terdapat ciri-ciri di atas, maka segeralah periksakan ke dokter ahli tumor. Namun, perlu diingat, tidak semua ciri-ciri yang disebutkan memastikan adanya kanker payudara pada seseorang. Oleh karena itu, sangat diharapkan untuk konsultasi ke dokter sedini mungkin. (Berbagai sumber/Nilna Rahmi Isna)

About these ads

170 thoughts on “Mengenal Kanker Payudara Sedari Dini

  1. walaupun pria lebih kecil resiko terkena kanker payudara, tapi saya musti menjaga pola hidup juga.sebenarnya apa penyebab utama kanker payudara ( baik wnt or pria)? apa yang harus dilakukan jika mengetahui dirinya terindikasi kanker payudara (stadium 1) ..

    thx
    nilna, C.SKM

  2. Iya, tidak tertutup kemungkinan bagi pria untuk terkena kanker payudara juga. Contoh kasusnya di Indonesia adalah Melky Goeslaw yang meninggal karena diserang kanker payudara.

    Penyebab utama kanker payudara belum dapat dipastikan. Yang ada hanya faktor risiko antara lain : faktor hormon, pemakaian kontrasepsi dan obat hormonal tanpa panduan, kebiasaan tidak memberikan ASI pada bayi akibat status sebagai wanita karir, terpapar radiasi, dan pola makan yang cenderung menyukai makanan berlemak, konsumsi alkohol, obesitas dan riwayat keluarga.

    Pada stadium I, besarnya tumor pada payudara tidak lebih dari 2 – 2,25 cm, dan tidak terdapat penyebaran (metastase) pada kelenjar getah bening ketiak. Pada stadium I ini, kemungkinan penyembuhan secara sempurna adalah 70 %. Untuk memeriksa ada atau tidak metastase ke bagian tubuh yang lain, harus diperiksa di laboratorium. Bisa dengan cara skrining mammografi.

    Jika positif menderita kanker, tindakan pengobatan dapat berupa operasi walaupun tidak berpengaruh banyak terhadap ketahanan hidup penderita. Bila kanker telah jauh bermetastasis, dilakukan tindakan kemoterapi dengan sitostatika. Pada stadium tertentu, pengobatan diberikan hanya berupa simptomatik dan dianjurkan untuk mencari pengobatan alternatif.

    Oleh karena itu, SADARI atau Pemeriksaan Payudara Sendiri sangat diperlukan. Kanker payudara yang masih pada stadium I kemungkinan untuk sembuh sangat besar.

    Tentang SADARI baca tulisan “SADARI Sekarang”. Untuk hal-hal yang harus dilakukan baik pada stadium I, II atau III baca tulisan “Jika Terkena Kanker” pada blog ini

    Untuk lebih jelasnya tentang kanker payudara pada Pria baca tulisan “Kanker Payudara Pada Pria”

  3. dpayu dara q da benjolan keras disebelah kiri….
    kadang dketiak rasanya perih….
    pa itu tanda-tanda kn kanker ya…….

  4. @ Riska
    Ya. itu memang salah satu tanda-tanda kanker payudara.
    Namun demikian, benjolan yang ada tersebut belum menentukan apakah benjolan sudah bisa disebut kanker atau masih berupa tumor/neoplasma.
    Untuk Riska, jangan takut dahulu.
    Sebaiknya Riska menemui dokter ahli tumor atau onkologi di rumah sakit atau klinik terdekat.

    • Mau tanya..di ketiak kiri aq dulu wktu SD..ada benjolan…kadang nyeri ..tp aq abaikan..lama lama udah lupa dn ga kerasa..trus selang lama..kadang di ketiak kiri nyeri klo disentuh..trus lama lama ilang lagi…begitu strusnya..dn skrg trjadi lagi..apa itu trmasuk gejala kangker payudara?
      TerimA kasih

  5. di dada ku ada kamu … :p
    itu sih lagu ya… :D
    yg mau aku bilang, di dadaku ada benjolan kecil yg baru aku rasa td malam. itu termasuk gejala kanker payudara ga ya? atau tumor gitu…?mudah2an sih bukan dua2nya ya..amiin…
    aku n suami dah khawatir. tp bentuknya seperti urat yg menggumpal. dan kalau dipegang kadang terasa pegal. trus aku jg mo tanya nih..kalo gejala kanker tu, apa benjolannya selalu deket ketiak? apa di dada jg bisa? seperti yg aku alami ini.
    gimana nih tanggapannya mba nilna ?

  6. Sebaiknya mbak konsul ke dokter terdekat
    Gejala kanker payudara tidak selalu dekat ketiak. Sementara di dada, harus dilihat dulu di dada sebelah mana. Mana tahu hanya benjolan biasa.
    Karena itu, tatap muka langsung dengan dokter sangat diperlukan.

  7. aku benjolannya deket tulang dada mba…deket payudara sebelah kanan. benjolannya seperti melekat pada tulang. karenanya, kalau dipegang agak geli n linu…

  8. Halo salam kenal. Aq lg serach ttg tumor/kanker payudara akhirnya nemu blog ini. Kira2 kl berasa nyeri (tp ga sering) apakah ada kemungkinan ke arah sana?

  9. Halo salam kenal. Aq lg search ttg tumor/kanker payudara akhirnya nemu blog ini. Kira2 kl berasa nyeri (tp ga sering) apakah ada kemungkinan ke arah sana?

  10. @ irma : lebih baik Mbak Irma bertatap muka langsung dengan dokter.
    @ pimbem : apakah ada benjolan Mbak? Nyeri kadang-kadang juga dipengaruhi oleh hormon (hal yang lumrah).

  11. aku juga mau tanya nih mba dikedua payudara ku ada benjolan dan dah periksa ke YTLKI hasil aku disuruh observasi, yang mau aku tanyain mba apakah aku ada indikasi mengarah ke kanker payudara mengingat umurku juga sudah 32 tahun dan belum merriad dan aku sudah hampir 2 tahun ini tidak periksa lagi….kemungkinan nya gmana? dan payudara sebelah kiri aku lebih besar tapi tidak terlalu signifikan masih dalam tarap wajar itu gimana mba tolong balas ya thanks banget oh iya gimana dengan pengobatan alternartif?…..

  12. aq mau tanya , ,
    di payudara sebelah kanan q terasa nyeri dan ada benjolan kecil , apa bisa dikategorikan kanker payudara , mengingat 2 tanteku jg sudah terserang kanker payudara? mhon jawabannya segera

  13. @ vHaLicioUzz : Sebaiknya tatap muka langsung dengan dokter, diusahakan yang ahli tumor. Benjolan kecil temasuk gejala kanker. Tapi, jika ditanggulangi cepat kemungkinan sembuh bisa tercapai.

  14. aslm. lam kenal. ku mo tanya neh mbak yg baik hati. 12 tahun yg lalu sy penah dioperasi pam. tumor py dr jinak slah kanan. sekarang pada ujung py dr saya ada timbul benjolan kecil seperti isi nanah kalo tersentuh sakit rasanya.timbul kira2 1 bln ll. skarang sy dlm kondisi hamil 5 bln. kira2 apa itu kanker. trims ats jwbnya.

  15. Halo.. Mbk.. Sy mau tanya,d payudara kiri sy dkt ketiak terasa skt.tp sy raba,g ad benjolan.tp skt ini sdh brjln 2 bln.sy ingn periksa k dktr, tp tkt hslny serem..gmn y mbak?ap sy bs kena tumor?sy takut mba..skrg2 paling sy bnyk mkn buah dn sayur dn menghndari lemak.mdh2n bisa ilang sndri sktny..trims

  16. setelah sy baca – baca di sini, sy jd takut banget…,
    soalnya di kedua payudara sy ada benjolan…
    sy harus periksa secepatnya ya mbak…

  17. hi..salam kenal..mau nanya dong..
    umur saya 18 thn, baru-baru ini saya memeriksa ada benjolan kcil di ketiak kanan saya, apakah itu kanker payudara?? soalnya salah satu cirinya ada benjolan di ketiak..tetapi untuk payudara ga da masalah..
    kalau mau periksa, ke dokter apa ya??
    tolong jawab ya, soalnya takut ni..
    makasih..

  18. mba’ nilna, aku jg ad keluhan yg sma, tp ktnya si biar lebih pastinya dianjurin unt mamografi.tp ak takut bgt… cos punggungqu jg dah krasa pegel2 gtu. ap tu termasuk gejala or ap ya… coz aq jg ga pernah kerja berat2………. aq hrs gmn nie mba….?
    please comment ny ya mba’

  19. Haii nina. . . .
    Da sdkit prtnyaan,,aq pnya sppu,,dia bru brumur 15 thn,,d pydra sblh kri’a trdpt bnjLn,,n d ptin9′a cka mn9luarkn cairan sprti na2h,,pa tU ian9 d nmkn dn9n knker pyudra??
    truZ tran9 aq khwtr dn9n k’adaan dia krn9!!!

  20. ass mba…aq jg prnh ngerasain nyeri tapi g da bnjlannya,,,pa tu cri2 knkr pyudr?????????????? Law aq seh brhrap mga2 ja g trjdi…….amien

  21. K Nilna, saya sedari dulu penasaran dgn payudaraku, koq putingnya tertarik kedalam yah???
    saya tanya Mama, katanya itu biasa sj,nanti klo dah melahirkan biasanya suster punya alat yg bisa narik kluar. K nILNA, apa bentuk payudaraku ini normal2 saja??? apa ini ada kaitannya dgn kanker payudara???
    Truz,gmana yah biar bentuknya normal kembali tanpa harus nunggu smpe melahirkan???

    ———-
    nilna say : Pada sebagian wanita, puting yang tertarik ke dalam wanita termasuk normal. Ini merupakan efek dari kerja hormon. Seseorang yang terkena kanker payudara, selain puting tertarik ke dalam, juga ada benjolan di sekitar payudara atau ketiak dan puting mengeluarkan cairan/nanah. Kepada Fitra, tidak perlu berusaha mengembalikannya ke bentuk normal karena ia akan normal dengan sendirinya. Biasanya, ketika dan setelah mandi, puting yang tertarik ke dalam kembali ke bentuk normal dan ia akan tertarik ke dalam lagi jika sudah beraktivitas, begitu seterusnya. Semoga informasi ini bermanfaat dan selalu SADARI!

  22. MbAK saya wanita berusia 20th,di payudara saya yang kanan ada benjolan.dAN terletak PERsis di bAwah puTing.,dan rasanya kadang gatal dan agak periH,.APakah itU termasuk gejala kanker payudara.saya jadi khawatir mbAK,.M0hoN jawaBannya ya mbAK

  23. MbAk,q kiki 19 thn. Bru2 ini saya bru tw kalu d payudara sblah kiri saya ad bnj0lan kcil seperti kelereng ltaknya persis payudara kiri bagian kanan.
    Saya ga merasa skit ap2.
    Ap ad kemungkinan it kanker payudara dsb.
    Mh0n dblas y mbak ke e-mail saya jg b0leh.
    Kdang sya ska tkt bgd kalu2 aj it gejala kanker atau tUm0r.
    M0h0n diblz y mbak.
    Terima kasih bnyak.

  24. lam knal,,di payudara kanan aq dkt puting t’dapat benjolan aq baru tahu bln februari thn 2008…awalnya tdk ada pas aq menstruasi payudara aq tera gatal shg aq garuk2 trs nah dari situ ada benjolan keras kl dipegang rasa na agk pegel2, aq langsung periksa ke puskesmas katanya benjolannya kurng lbh 1cm .dan gpp krn pengeruh menstruasi..yang aq kwatirin benjolan itu gak prnh hilang baik sdng mens ato g benjolan itu tetep ada trs disekitar payudara kedng suka skt aeperti urat ditarik tp hanya seketika dan sampai sekrg aq blm periksakan lg…apa itu berbahaya ato g????

  25. mbak..aku kadang masih ragu ,,,ini benjolan apa bukan …kadang aku masih binggung buat membedakannya….mungkin bisa dijelaskan lebih rinci…cos aku juga pengen tau lebih lanjut….makasih

  26. mb,ikutan tanya ya…
    gmn membedakan nyeri pada payudara yg sifatnya lumrah(krn hormonal) dg nyeri krn tumor ato kanker?trz,saya pernah baca artikel kalo benjolan tu blm tentu tumor.tp,bs jd kelenjar susu.nah,bedanya apa tuh,mb?
    mohon informasinya.makasih.

  27. Mb q mau tnya y,q takut bgt niy,sumpah takut bgt
    Umurq 19 thn,ddlm kedua ketiakq ad benjolan yg kalo dpegang sakit mb,n dpayudaraq sbelah pinggir yg kanan n kiri,kalo draba ad benjolan seperti kelenjar,n hanya yg sbelah kanan yg sakit..
    Kelenjar itu hanya terasa ketika q berbaring,n kalo dpegang,dy bs bergerak mb,plis bgt jwb yah,n q hrz periksa d dokter spesialis ap drumah sakit?
    Makasih

  28. ih……serem bgt y……
    rupa_a jd cwe gx gampang juga y…..
    mudah2an gx menimpa w j lha…..
    jadi takut nih…..
    qt harus waspada dunk loq gt y……

    ———-
    nilna say : iya, betul itu.

  29. boleh nanya g’ mba’..???

    klo payudara yang besarnya g’ sama
    termasuk ciri-ciri kanker payudara g’????
    coz besaran yg sbelah kiri dr pd yg knan
    n’ baru twnya kemaren lho mba’
    takut ne..
    makacih…..

  30. mBa”,, hampir diujung puting saya tiba2 terasa sakit, itu terjadi di payudara kanan saya, apa itu juga bisa dikategorikan dalam gejala kanker???

  31. mbak, saya umur 24 dan belum menikah. mau nanya.. kalo ukuran payudara ga sama gimana? trus bentuk putingnya juga ga sama, yang satu agak lebih besar diameternya dengan yang lain. itu gimana? trus kalo mau periksa ke dokter apa ya?? tolong jawab. terima kasih

  32. pak or bu .
    saya mau tanya .
    di ketiak saya ada benjolan daging , yang saya gag tau penyebab.ny ap ?
    saya gag tau karna apa dan sebab.ny apa ? .
    saya berumur 14 tahun .
    saya tahu ada benjolan itu dari hari minggu 19_april_2009 jam 18.10.
    bu or pak saya binggung itu penyakit kanker poayudara atau penyakit apa .
    pak or bu tolong saya , saya binggung saya harus berbuat apa.
    saya mao konsultasi ke dokter tapi saya terjebak masalah ekonomi .
    tolong saya ya bu or pak . bu kalo ibbu or bpk simpatik atau kasihan sama saya tolong ibu or bpk kasih tau ke saya di:
    siibugam@yahoo.com.

  33. mbak ibu saya kemarin tgl 6 April 2009 baru saja operasi benjolan di payudara, setelah diteliti ternyata tumor jinak dan ini pengangkatan yang kedua. ketika saya tanya awalnya rasanya seperti apa? kata ibu saya tangan ada benjolan kecil di payudara dan tangan suka terasa pegal-pegal. lalu saya buka2 internet dan banyak sekali informasi dan pengobatan secara herbal maupun melalui kedokteran. meski ibu saya telah dioperasi saya membelikan ibu teh hijau untuk dikonsumsi untuk memperkecil tumbuh kembalinya tumor tersebut (operasi telah 2 kali). saya pun ikut mengkonsumsi teh hijau meski orang bilang saya tak perlu minum teh hijau tersebut mengingat tabuh saya kecil dan teh hijau juga berfungsi menurunkan lemak…nanti tambah kurus begitu orang-orang bilang. tetapi akhir2 ini saya merasakan tangan kanan saya sering terasa pegal-pegal, sakit. saya pun mencoba memeriksa sendiri payudara saya, ada terasa sakit tapi belum bisa di sebut ada benjolan di payudara. tapi memang terasa sakit jika dipijat pada bagian payudara tersebut. apa itu ciri2 adanya tumor payudara pada diri saya? tolong mbak kasih tahu lewat email boleh aprasetyani@yahoo.co.id. menurut berita tumor adalah penyakit menurun….thax infonya

  34. Saya umur 32 tahun, sudah hamil 4 kali tapi 2 kali keguguran dan 2 kali melahirkan normal tapi bayi meninggal dlm kandungan, itu berarti payudara saya kan berproduksi sedangkan saya tidak menyusui. nah, akhir2 ini saya merasakan dipayudara kiri agak terasa nyeri dan ada benjolan (gumpalan dari air susu yang tidak keluar) dari setelah melahirkan sampai sekarang. saya mohon, apakah ini gejala tumor ?. tolong jawab ke e-Mail saya : yud_1506@yahoo.com. sebelumnya terima kasih.
    Salam……….

  35. umur aq 21,payudara sebelah kanan aq terasa sakit dan mengeras,jika tertekan rasanya mules,apakah aq sudah di sebut penderita kanker????
    di tunggu ya balesannya…
    thx…

  36. assalamualaikum, k blh nya gk, akhr2 ni pyudra q suka sakit deh udah gitu kyna ada benjolan d sekitar payudara q ap tu trmasuk ciri2 kanker payudara ya ? blz y q takut bgt ni

  37. mbak di dkt ketiak aq ada bencolan tapi ngak sakit,trus yang anehnya lagi payudara aq yang punya bencolan cendrung lebih kecil.menurut mbak itu termasuk kanker payudara bukan aq jadi takut,aq minta usul dari mbak donk aq sering ngak pede make baju apa aja karna payudara aq gede sebelah

  38. mba mw nanya, aq lg mens, d pydara sblah knan bwah aq ada benjolan gtoh,, apa it kanker ato tumor? mba, aq takut bgt,. kalo mw periksa kmana y? mohon dbls y,,

  39. mbak.
    umur saya 16 thn.
    saya baru2 ni liat ad benjolan kecil brukrn skitar 0.5 cm.
    benjolan ini letaknya di daerah puting saya.
    bkn d ujung puting.
    tdk trasa sakit, hnya trasa sdkt gatal.
    dan sblm’y benjolan ini blm ad.
    slain itu, saya merasa payudara saya terus bertambah besar.
    ap ini krn kesuburan hormon saya, atau ini gejala kanker?
    umur saya kan baru 16, ttpi ukrn payudara saya sudah 36b.
    apa mnrut mbak itu normal?
    atau ad kelainan pd diri saya?
    tlg djwb ya mbak, saya takut sekali.

  40. Hai mba nilna..
    Aq lara,umur 23th,ibu aq prnh operasi k.pydr 2x tp jinak & tante aq meninggal krn k.pydr ganas..
    Pydr(sblh kanan)Q 2th yg lalu prnh d operasi pam lumayan bsr kira-kira 2,5-3cm lalu kmrn aq periksain pydr q lg trnyt udh ad benjolan(sblh knan)lg tp dokter(dokter umum)bilg msh kecil..&spe skrg blm d operasi lg krn alsn ekonomi.
    Lalu akhr2 ini dada aq sering skt saat bnafas,saat aq bc ciri2 kanker pydr ganas,aq takut kl kanker yg aq drita it gns..&meyebar k paru2..
    Ciri2 pydr aq,ad kerutan d bgn bwh puting kl sdh pk bra tp beberapa menit kemudian mhilang
    aq tdk pny benjolan d ketiak..
    kdg aq sesak nafas aplg jk mnrk nafas pnjg..
    Jd apkh ad kemungkinan kanker aQ bs mjd gns?bgmn membedakannya?apa ciri2 yg d sbtkn hrs ad smw ato cm slh 1 bs d sbt k.ganas?
    Aq takut mgingat aq blm menikah..aplg pny ank..&blm ad biaya unk operasi
    Pliz bls y..thanks b4

  41. Mba, ,
    umur sy 19 thn. .DuLu puting sy prnh Luka mpe bekas d bh. .Ap tw kanker mba?
    Truz kuLit sperti kuLit jeruk tw gmana mba? SoaLx skitar pyudara sya ad grs2 pth? Ap tw kuLit jeruk? Mhon infox mba. .

  42. mba, klo yang keluar dari putingnya bukan berupa cairan gmn? tapi sesuatu yang kental namun berbau layaknya air susu. apakah termasuk pula sebagai gejala awal dari kanker payudara? terus puting tersebut mengkerut tidak muncul k permukaan disertai dengan adanya tahi lalat di atas puting tersebut. apa itu juga sama, merupakan gejala kanker payudara.
    terima kasih sebelumnya….

  43. hallo mba. Saya mau tanya. Udah beberapa minggu ini payudara saya terasa ngilu jika tertekan atau setelah saya melepas bra. Ngiluny terasa pas dibagian belakang puting. Apakah itu tanda adanya kanker? Terimakasih.

  44. di payudara sebelah kiri saya ada benjolan kecil,terkadang suka ngilui!! tp dia tidak membesar,apakah itu kanker payudara??sy belom sempat memeriksakan ke dokter karna sy takut benar2 divovis kanker payudara..mhon jawabanya,trima kasih,,icha

  45. Salam kenal kak nilna. Ak cwe umur 21th. D pyudrku sblh knn bag dlm da benjolan kecil. Ga sakit si.. Cm blm ada ciri2 laen yg sprt dsebutkn di atas. Pa itu jg trmsuk tumor?bls

  46. Ass. . . Mba_
    sy mau ikutan nanya, umur saya 16 th, pyudra sblah kiri sy lbh bsr dr pd sblh kanan, terus putingnya masuk ke dalam dan di bawah putingnya terdapat bintik bintik putih bentuknya seperti benjolan kecil kecil_
    apakah itu termasuk kanker mba?? Tolong blz ya mba, saya takut bgt_

  47. Mba mau tny, apakah payudara seorang wanita yg tidak sedang menyusui, akan mengeluarkan cairan bening seperti air putih biasa ketika dihisap? Apakah itu normal? Thx b4…

  48. mbk, aq mw tnya ne, umur aq dah 19 thn, smpai skrg puting aq tu blom tmbuh, tu trmasuk gjala kanker gk ya.
    payudara sbelah kiri aq trdapat benjolan kcil wrna ny kek isi nanah gt, jga d ktiak aq jga trdapat bnjolan, kadang payudara sbelah kiri aq tu srasa nyeri gt, dan akhir2 ne aq jga ngrasa skit bnget d skitar dada aq dan kdang tu bkin aq agak sulit brnafas,
    Dr prtanya’n diatas tu trmasuk ciri2 kanker dk ya, q tkut bnget ne,
    Blas k email aq aj mbk ya, thaluvdeot@gmail.com
    D tggu ya jwabn ny mbk,,

  49. di payudara kiri saya, ada tumbuh benjolan sejak 2 tahun yang lalu.. tetapi saya tidak merasakan sakit… apa mungkin benjolan itu adalah kanker??

  50. puting payudaraku memang cenderung masuk k dalam apakha itu ciri2 kanker, dan yg membuat q takut menjelang haid bulan ni q merasakan payudara q sangat perih lalu ada sedikit cairan putih yg keluar tapi q tidak tau itu nanah apa bukan , apakah ini bagian dari kanker?

  51. Mbak aq mw tny,.d payudara kanan aq ad benjolan tepatny dkt ketiak dr kls 2sma,skrng umur aq 24th.dr blng benjolan ini fam,ktny mst d angkt wlpn g bbhya soalny nanti kl merit n pny anak nanti membsr,ap bnr?dketiak ad bnj0lan sgd butir beras,lalu pas aq k dufan naek t0rnado membengkak n akhrny d operasi lokal,tp yg dpayudara msh ad,.slain cr operasi ad alternatif lain tak bt menghlngknny?kl stres pyudara sk sakit,kyk ad yg gerak spti dnyut jantung.thx

  52. Fam it sejenis ap y?ap bs nyebabin kanker n kt dr.kl mw merit n rncna pny anak,k0nsul dl..tujuany u ap y?ap ad hub ama benj0lan?bntr lg aq mw merit n pngny lngs dpt ktrunan..dtunggu scptny blzany y mbak.thx b4

  53. makasih ya mbak bwt info na..
    ini sngat pnting khusus na bwt para cwek agar bs mendeteksi sblm trlambat.
    jujur aq sngat tkut dgr kata2 ‘kanker payudara’.
    sex thanks y mbak.

  54. afwan mbak
    kalau benjolannya di sekitar puting, sekitar 1 cm dan terasa nyeri mbak.. itu kira2 kanker gak mbak ???

    rasa nyerinya hanya sebatas benjolan itu saja…
    gimana mbak ???
    makasih atas jawabannya

  55. Hiii =D
    Lz piiNgiin tanyaa….
    kanker Payudara tuH nyerang waniita sama Laki-Laki gag ??
    ( mungkin kedengaran gag bago ya pertaannya )
    SoaLnya di dada ku di bawah payudara bgian kanan timbuL benjolan (warna keUngu-ungan) Duhh…. aPa mungkin nii ???

    MakasiiH ^_^

  56. mbak,,nama aq dha di k2 payudara aq da benjolan ,,tapi waktu di periksa dokter katanya bukan kanker tapi ada sejenis jaringan gtu aq juga kurang ngerti tapi tangan sebelah kanan aq jadi pegel terus tapi benjolannya aga ngilu klu di pegang tapi ntu juga klu maw menstruasi,,,menurut mbak itu kanker bukan?

    di tunggu blzannya mbak . terimakasih

  57. Aq mmau tny..d’payudra qu sblh kanan ad bnjolan..smkin lma smkin bsar ap lg sat aq byk fikiran..akhir” ne sring nyri n kdg cmua pglngn tulng” qu jg nyeri n jd lmz..ap tu kmungkinn kanker payudara??brp lma prkmbngn mpe kulit puting brubh n puting brnanah..aq udh 6 bln mnydri ad’a jndolan itu..

  58. As.,mbak saya berusia 21tahun,dan belum menikah.Payudara saya ukurannya besar,dan bila saya raba,ada benjolan disekitar kedua payudara saya.
    Benjolan itu terasa sakit dan berdenyut.Apabila saya angkat tangan keatas,payudara saya terasa sakit.
    Apa saya terkena kanker payudara mbak? Saya takut krn ukuran payudara saya yg tdk normal dan berbeda dr gadis2 seusia saya.
    Mohon sarannya mbak.

    • aku mau tannya nih peretengahan payudara antara kiri dan kanan terdapat semacam kutil yang kadang kala terasa gatal,aku kawatir apakah itu saalah satu ciri dari kanker payudara

  59. saya mo tny mba…
    saya punya payudara sejak kecil putingnya itu tertarik ke dalam, tidak seperti puting payudara wanita lainnya, yang umumnya tertarik keluar. apa bentuk payudaraku ini normal2 saja??? apa ini ada kaitannya dgn kanker payudara???
    Truz,gmana yah biar bentuknya normal kembali??
    bisa punya anak gak ya??
    sdgkn puting untuk menyusui aja gak keluar, gmn untuk menyusui c bayi?

  60. aq juga punya benjolan disebelah kananku, tapi aq optimis kalo aq ga terkena penyakit yang mematikan ini karena aq merasa ga da yang perlu ditakuti kalau memang saatnya mati ga da yang bisa menghalangi kecuali tuhanku yaitu ALLAH SWT.

  61. Mbak, saya titin, umur 17thn.
    Saya mau tanya, mbak. Brnjolan yg dimaksud itu seperti apa ya mbak bentuknya? Krn d payudara kiri saya ada benjolan, tp di dlam dan terasa sakit kalau dipegang.
    tolong balas ke e-mail saya ya, mbak.
    Trimakasih sebelumnya :)

  62. assalamu’alaikum..

    mbaG mo nanya ne, saya gadis berusia 17th.
    akhir” ne, saya agak ngerasa aneh pd pertumbuhan payudara saya.
    rasa.a suka nyeri” pd payudara kiri dkt ketiak dan jg stlah saya perhatikan, payudara kiri saya kelihatan agak lbh besar drpd yg sblh kanan. wlau gk terlalu kliatan bedaNya.
    ttapi tidak terdapat benjolan apa”.
    keadaan ini mmbuat saya bingung harus ngapain, kbetulan saya anak perempuan satu.satunya.
    tolong jawab mbag, apakah saya terkena gejala kanker atau itu sekedar pertumbuhan cwek mnuju kdewasaan pd umumnya.
    terimakasih banyak mbag sbelumNya.

  63. Mba kulit payudaraku agak berkerut yang sebelah kiri tapi disamping puting bukan dibawah puting spt ciri2.apakah itu ciri2 kanker apa bekas peregangan kulit ketika hamil payudara membesar dan setelahnya kembali kempes dan terjadilah kerutan spt itu??tlg dijawab ya mba masalah nya umur saya sdh 33 dan mempunyai 3 anak tapi semuanya tdk lama mendapatkan asi krn air susunya td banyak.thanks

  64. akhir” ini saya sering khawatir cz payudara sebelah kanan lebih besar dr yang kiri,,, n terkadang nyeri,,, trus dulu pernah ada bejolan pas di pertengahan ketiak tp udah sembuh… apa itu termasuk ciri kanker?????
    mohon di jawab….

  65. ass
    saya berumur 18 thn…. payudara sebelah kanan saya klihatn lbih besar n kadang sakit,,,, trust pernah ad bejolan di pertengahan ketiak tp skrg dah sembuh,,,, apa ini termasuk ciri kanker?????

  66. mbak ne tina, tina jg merasakan nyeri pada payudara tina ,awalnya dia kecil lama2 dia membesar, tapi gk mengeluarkan nana ,atau apapun mbak,itu apa ya mbak?mbak tolong di bls ya mbak ke imel saya

  67. Diantara kedua puting pyu dara saya terdapat bintik-bintik kecil,bintik-bintik ini kadang ada kadang tidak,apakah ini termasuk tanda-tanda kanker payu dara,apabila ia,tolong beritahu apa yang bisa saya lakukan untuk mencegahnya sebelum menjadi lebih berbahaya ?
    Trimakasih…!!!

  68. hr nie Q nmuin bnjolan pada payudara saya dekat puting susu…..dan biasanya payudara saya terasa sangat nyeri……apakah kemungkinan besar itu kanker payudara….????

  69. mbak mau nanya ni..saya umur22 blm mnikh.d payudra kri bagian kanan bwah ada bnjolan kalo dpegang tidak trasa skt tp bsa dgerak2n..trus ukurn pyudra sya yg sblh kiri agak lbih bsar dr sblah knan.kadang2 saya mrasa sperti sesak napas..apa sya trkna kanker pyudara..klo iya apa itu sdah parh trus gmna cara mngatasinya..trus klo sya menkah apakh sya msih bsa hmil dan apakh akn brpengaruh pda ktrunan sya nantinya..mohon dbalas.sya sangat tkut mau priksa kdoktr..trimakash.

  70. dokter,.
    Saya bru 3hr yg lalu meliihat ada tahi lalat di PYDR sblh kanan hampir d tengah tulang rusuk saya bntuk kecil skali 0,5cm tp sprtinya itu lahi lalat hidup klo di pegang ngilu & sakit,baiknya saya kdokter apa karna saya mau penggulangan scpatx sblm terlambat.
    biasanya dokter melalukan pemeriksaan dasar lgsung scan ato pemeriksaan fiksi.tolong bls comment k alamat email saya.tx’s

  71. kalo d payudara tiba” muncul seperti bunderan merah yang terasa gatal dan tidak hilang”…itu bagaimana? ap itu sangat membahaya.kan??

  72. q cma tkut periksa k.dokter……….
    cause,q tkut klw,kputusan dokter nantinya hax mmbuat hdpq jd menderita………….
    n wlawpun gmana,hdp mati hanya d.tangand TUHAN…………

  73. semua dlah kehendak Allah..

    Aku harap cre” tu tdklah memugkinkan benar…

    amieeeeeen…

    dan Aku harap rang yang mengalami/menderita kanjer payudara nhe secepatnya ditangani dan dan dapat tertolong..
    dan sembuh…
    amien ya Allah…

    karna mua dalah kehendakmu ya roBby????

  74. mbak , payudara sebelah kanan istri saya agak lebih besar ,

    oya , benjolan yang di maksut di dalam apa di luar payudaranya ?
    soalnya istri ku merasa bagian dalamnya terasa ada benjolan ?
    apa kah ini di sebut kanker atau tumor ?

  75. mbak, payudara sebelah kanan istri saya agak lebih besar , oya , benjolan yang di maksut di dalam apa di luar payudaranya? soalnya istri ku merasa bagian dalamnya terasa ada benjolan ?
    apa kah ini di sebut kanker atau tumor ?

  76. mBk…. akU juga takut akhir-akhir nui PD aku yG sebelah kanan sakit…. trus ada benjolan kecil….. sakit banget…. ya Allah apa itu kangker..??? aku tiap hari nangissss mo pereksa takut…… ( curhat.com) kasi solusi dund mBk….

  77. di ketiak kiri aku,terasa ada benjolan, n klo dtekan sakit.
    dputing aku pernah nemui gumpaln warna putih.tp bukan nanah.apa itu kanker mba’?

  78. saya mau tanya
    kalau pada puting payudara keluar seperi susu beku tp dalam bentuk yg sangat kecil seperti telur ikan, apa itu jg termasuk gejala kanker payudara…??

  79. Obatnya…. kalau pengen tau….
    banyakin tu makan muris..
    kalau gak tau muris… SIRSAK
    kalau gak tau juga… tanya mbah google apa tu sirsak…..
    nuwun

  80. hallo…mba q mau nanya..knp sih payudara saya terasa nyeri apakah itu ciri kanker payudara atau hanya pengaruh haid saja ? Krn dulu saya prnh kecelakan.

  81. Aslkm mba saya mau tanya…
    saya wanita berumur 20 tahun dan sudah menikah tapi belum memiliki anak dan belum hamil.
    pertanyaan saya tentang cairan yang keluar dari payudara. jika saya amati pada payudara saya memang tidak ada benjolannya, namun saya pernah mencoba menekan dengan keras pada puting payudara saya,dan ternyata ada cairan bukan nanah dan bukan darah tapi cairan putih hampir seperti asi, apakah itu juga salah satu ciri2 kanker payudara???

  82. assalamu’alaikum mb..,
    sya 5u tnya,skitar 2 bulan yg lalu tdak sgja sya tmukan bnjolan kcil dpunggung sya.ukuran na sktar 5-7mm,kcil ,keras,tp gk sakit.loq draba asal na ri dlam kulit.lama2 loq aq 5u haid,bnjolan i2 trasa membengkak dn nyeri bget,ap ini jga kanker payudara?cz na kta tmen2 aq kanker payudara gk hruz dpayudara letak na.mhon jwbn na mb..
    Mkch.
    Assalam..

  83. hhmmmmm,,,
    aku berumur 20 thn ,,,,,,,
    aku sering kali mengalami nyeri d dada kiriku,,, apabila tidak d rebahkan rasa nyeri itu smakin mnjadi ,,,seakan mati rasa,,leher dan pundak kku juga sering kaku pd saat rasa nyeri itu datang . haid juga tdk lncr.
    mhon solusinya ya mbk
    trims :)

  84. waduh.. gue risau ni.. puting saya terasa gatal n ngilu.. bila sy check ya emang terdpt bengkak dekat puting payudara sy.. emangnya ini apa??????? saya binggung sekali…………………. :(

  85. Aslkm mba saya mau tanya…
    ibu berusia 55 tahun. Waktu remaja ibu dapat penyakit paru-paru ,lebih kurang 3 tahun. sering dironten paru-parunya. apakah ada pengaruh sinar -x tersebut untuk kaker payudara,karena sekarang ibu ada benjolan didalam payudaranya.

  86. saya gadis berusia 22 tahun…payudara saya udah 2 tahun ini hampir setiap hari terasa keras bla dtekan atauterentuh akan terasa sakit….say minta penjlsanya dong!!

  87. .kn di dadaqu sebelh knan ad benjolan. Truz bnjoln tsb skt. Smpai ktiak. Rsa skt itu mncul stelah olahraga tolak peluru sminggu yg lalu.
    Ap itu hx kelenjar biasa tw bgaimana.?

  88. bu, saya berumur 21 tahun, hari ini tiba2 saat mandi saya merasakan sesuatu seperti berbentuk bulat dan keras didaerah ketiak kanan, apakah ini termasuk gejala kanker payudara?
    mohon dibalas ya bu
    terimakasih

  89. asw, mbak, akhir2 ini saya merasakan ada sesuatu yang agak keras di bagian pydr sebelah kanan bagian dalam, ketika saya mengangkat tangan kanan saya, tapi kalo saya tidak mengangkat tangan, dia tidak terasa…
    itu apa ya?thx

  90. Kalo puting masuk kedalam sekitar puting berwarna ping , puting seperti terbelah menjadi 2 ,

    itu gejala apa yaa ? Thx

  91. ass,mba umur sy 21 thn,sdh hmpir 4thn ini,di belahan payu darah sy tuh terkadang keras dan terasa sakit bila di sentuh,kadang jga luka n keluar cairan mirip nana n bau.?apa ni bsa diktkatan kanker payu darah,soalx sy blum prnah periksa ke dokter.

  92. , ass . . Mba . D pydara sblah kanan saia trdapt benjolan kcil d pinggr pting .. Awal ea cma nyeri . Truz timbul benj0lan .. Apa itu kanker ? Apa yg hrus saia lakukn ?
    Please jawab .

  93. Dear nilna, apakah semua benjolan yg terdapat di sekitar payudara bisa diidentifikasikan sbg kanker/ tumor? Soalnya sy pernah bertnya n dikatakan biasanya benjolan kanker itu tidak kelihatan pd awalnya. Jadi begini, belakangan ini timbul benjolan sbsar biji kacang di antara kdua payudara saya. Awalnya sakit jika dipencet, jd saya mengira ini hanya bisul biasa. Tp setelah beberapa hari, sakitnya hilang. Tp benjolannya masih ada n terasa mengeras. Hal ini membuat sy kawatir, walau saya blm berani utk periksa ke dokter. Kira2 apa ini termasuk tumor/ kanker tadi? Thanks.

  94. mbak aku takut banget nih baca artikel mbak. umur ku 23 taun belum menikah dan keluarga tidak ada yg pernah terkena kanker.

    tapi saya suka takut karena dikedua payudara saya ada benjolan yg cukup besar menurut saya, tapi di dalam, diluar halus, sama sekali tidak terlihat gejala apapun.

    disekitar ketiak sih normal, apa itu gejala juga mbak?

    mohon jawabannya ya mbak, terimakasih

  95. mbak k’lo di dada saya ada benjolan kecil bnget tuh kanker bukan ??????
    tp k’lo d’pegang terasa sakit dan napas saya agj sesak ..
    tuh knp ya mbak ???

  96. ass mba nilna,saya mau tanya
    payudara ku sebelah kiri ada benjolan kecil,lebih tepatnya di sebelah kanan puting,tapi benjolan itu tidak terasa nyeri atau sakit,malah benjolan itu kalau saya pegang suka pindah saperti urat gitu mba,, benjolan ini ada jika saat saya tidur dalam posisi telentang, itu kenapa ia mba??? mohon dijawab ia mba trims

  97. Assalamu’allaikum wr wb…
    Salam knal mbk Nina, saya mau tanya, kenapa puting payudara saya sebelah kiri(areola) terasa gatal seperti koreng dan berair dulu sudah saya obati dan sembuh tapi terkadang kambuh lagi kalau cuaca dingin.mohon di jwb y mbak..? Terimakasih….

  98. ass..
    saya juga hampir sama kaya risma,tetapi tidak gatal dan berair.hanya puting sebelah kiri saya seperti koreng..dan lengan atas sebelah kanan saya suka pegal sampai ke payudara..apa itu ciri” kanker payudara??mohon segera di balas

  99. Ass..
    Dipayudara saya terdapat benjolan yg jika ditekan terasa sakit. Benjolan itu tepat dibawah puting dan sakit jk ditekan. Apakah itu ciri2 kanker payudara?

  100. Mbak saya mau tanya di payusara kanan saya, tepat di bagian samping bawah puting, ada benjolan seperti melekat ke daging. Tapi saya tidak merasakan sakit. Apakah itu ciri kanker atau bukan?lalu saya harus ke dokter apa untuk memeriksakannya?tolong di balas ya mbak ke email saya. Terimakasih.

  101. kalau ada luka d sekitar payudara tp susah sembuh..pernah sembuh tapi luka lagi apa berarti itu kanker payu dara..
    tolong penjelasannya..

  102. bu, saya berusia 29 thn. diketiak kiri saya ada benjola kecil sebesar butiran beras. namun benjolan itu tidak tampak dengan kasat mata. namun jika diraba langsung tersa. terkadang saya merasa sakit, nyeri di daerah ketiak saya. apa itu gejala kanker ya bu? tolong dijelasin ya bu. terimakasih

  103. aku pernah di diagnosa tumor jinak tapii waktu aku rontgen hanya klenjar ajj..tapi ada benjolan di sekitar payudara hampir ke ketiak akuu…g sakiit tapii cuma kadang” senut senut ajj..pa tuh benerr ciri” kanker

  104. mbak , dibagian puting saya , terdapat benjolan kecil . Apakah itu termasuk gejala kanker payudara ?

    tolong dibalas ya mbaaakkkk

  105. Hi mba..umurqu 22 aq udh punya anak n aq smpet kasih Asi smpe umur dy 1,5tahun..sminggu ni payudara sblah kananqu sakit..klo diraba kaya ada urat dari arah ketiak ke puting sakit n agak mengeras..apa tu ad kmungkinan kanker mba??apa pemakaian produk2 pengencang n pmbesar pyudara bisa jd salah satu pnyebab?

  106. Hai mbak! umurku 17thn. baru-baru ini puting pyudra sy terasa gatel skli. pas sy lihat trnyata ada benjolan kcil di puting, apa itu termasuk gejala kanker payudara juga ??. mohon dibalas ya mbak, sy takut sekali

  107. Hai Mbak, aku punya kelenjar getah bening besar skali pada payudara ,dan keras spt batu, jika dipencet dia bergeser (tidak menempel pada kulit). Aku sudah pernah USG+ periksa ke Dr. Soecipto di RS Dharmais. Masalahnya sekarang yg sebelah kiri sering terasa nyeri+ putingnya jadi agak masuk. Apakah ini termasuk tanda tanda aku menderita tumor atau kanker?

  108. Apakh lw kta trkna kanker payudara itu wlaupn tdk ada bnjlan di sktr ktiak tpi payudara trasa skit N kpl pting mnonjol ke dpn N trasa sakit N membesar sbelah apa itu jga pexebabx kanker payudara bagaimana tanggapan dri mba nilna

  109. kenapa di sebelah kanan puting saya ada daging tumbuh semacam kkutil gtu mb?
    dan rasanay sakit,pegal,dan gatal?
    saYA sudah periksa k doktr
    dan beliau bilang kalw ini gronula
    and tidak berbahaya

  110. mba, umurku baru 16 tahun apa kangker tu ciri -cirinya salah sarunya mengeras benjolanlannya end tumor macam tu uga!but i have gak kayk gitu. tapi terasa ada benjolan di dalam payudara tapi gak mengeras malahan perti agar-agar lari-lari lau disentuh pa tu termasuk kangker ugak?end gimana sih tahap level kritisnya.
    and one again umur berapa jaa yang rentang terinfeksi kangker m tumor tu mba?

  111. saya berumur 19 tahun, saya ada periksa breast saya lepas datang period haritu tiba2 ada keluar air susu warna putih. adakah itu normal, doktor? saya masih belum berkahwin. ibu saya ada mengalami breast cancer. saya risau. bantu saya, doktor.

  112. aku juga. ada benjolan kecil tepat dibawah puting yang bagian kiri. pas di hitam2nya itu. keras, sekitar satu centi, tidak sakit tapi kadang juga terasa? itu muncul saat saya menstuari pada hari ketiga. sampai saya berhenti tapi masih ada. bagaimna?

  113. Salam Adik Nilna, Senangnya hati “terdampar” di blog informatif Adik ini. Karena pada detik ini saya sedang teramat gelisah menunggu hasil operasi lumpektomi Ibu saya yang sangat saya sayangi. Rabu pagi kemarin dioperasi dan saya sempat melihat “gumpalan keras” yang dikeluarkan dari dekat puting payudara ibu saya sebelah kiri. Adik, gumpalan berwana putih bentuknya bulat dan ada kayak apa ya…desikitarnya kayak ada tisu tisu putih yang menjuntai gitu….Apa sih Dik itu? Sepengetahuan Adik kira kira apa ya? Saya hanya ingin sedikit opini dari Adik yang berpengatahuan tentangnya. Terima kasih banyak Dik telah membaca dan membagi pengetahuan kepada kami semua…Salam….

  114. mbk saya punya suami umur 28 tahun,suami saya orang yang paling sibuk dan beliau selalu sering kambuh sakit dibagian kanan bawah lengan/ketiak kemudian samping susu,,,apa gejala penyakit tersebut kanker tapi tidak ada benjolannya,minta ketrangan tentang sakit suami saya dan apa tindakan saya terhadap penyakit beliau trima kasih……

  115. mba aq mau tanya di payudara sblah kanan q sering terasa nyeri.. trus timbul trus ilang trus timbul lagi kadang sebelah kiri juga pernah tapi paling sering di sebelah kanan..itu termasuk gg yah mba aq tkut..aq pengen periksa tapi aq tkut dngn hasilnya..

  116. ass ww mba ak sering sakit didaerah payudara sebelah kiri,terkadaang sakit sampe tulang belakang,tapi setelah ak raba mengikuti garis lingkar ada benjolan,namun bergerak,,itu benjolan apa yah??????
    ketika datang bulan semua kenceng termasuk benjolan itu,tapi ketika sudah tidak haid,tidak sakit dan tetap ada benjolan juga

    • kemungkinan itu kanker payudara. salam. dulu mertua saya terkena kanker payudara dan sekaligus kanker otak. sudah menjalani perawatan medis dan lain2. namun tidak ada perubahan yang signifikan. lalu saya ada informasi bah wa ada penyembuh di TIBET yang mampu menyembuhkan. dan saya mendatanginya. saya diberikan 4 paket ramuan dari bunga teratai yang berusia 200 tahun dan lumut naga berusia 1000 tahun. setelah meminum nya 2 paket kanker mertua saya benar2 hilang. dan sudah dicek. sedangkan obat dokter yang bernama FOLOTYN 40MG/2ML MASIH 1 BOTOL. sekarang tinggal 2 paket yang tersisa. silahkan bila ada yang mau. no hp saya: 0818.0273.2004

  117. Apakah benjolan selalu terdapat diluar? Bagaimana bila ada sesuatu yg berbentuk bulat agak besar dan terdapat di dalam? Itu apa ya?

  118. sis kalo disebelah kiri payudara ada kaya bekas koreng trs kadang nyeri ada benjolan kecil apa itu juga gejala kangker tolong bales

  119. maap mba saya mau tanya..
    di sekitar puting saya mengkerut dan ada bintil” putih tp tidak ada benjolan di payudara.. apa ini gejala kangker payudara atau normal saja..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s