Di Australia, Biaya Pendidikan Gratis

Senin, 9 Juli 2007 lalu, P’mails kedatangan tamu dari Australia. Beliau bukan asli Australia tapi warga negara Indonesia yang telah 14 tahun menetap di Australia. Namanya Ismet Fanany. Pak Ismet, begitu kami menyapanya, ternyata seorang dosen Bahasa Indonesia yang kini mengajar di Deakin University, Melbourne, Australia. Selain itu, beliau juga menjabat sebagai Ketua Dewan Kajian Indonesia di Deakin University. Sebelum di Australia beliau pernah mengajar di berbagai universitas Amerika (14 tahun) dan Singapura (2 tahun). Berikut bincang-bincang P’Mails dengan Bapak yang suka berkebun ini.


Bagaimana gambaran umum sistem pendidikan di Australia itu, Pak?
Sistem pendidikan di Autralia tidak diatur secara sentral (dari pusat), tapi desentralisasi dan sangat otonom (dikarenakan Australia terdiri atas beberapa negara bagian). Pendidikan dijalankan dengan disiplin, tanpa korupsi, dan sungguh-sungguh. Yang terpenting, mereka tidak melulu berteori, langsung praktek.
Berarti fasilitasnya bagus dong?
Mereka punya standar minimum dalam hal fasilitas. Hampir setiap sekolah punya kolam renang. Kalian tahu kan di banyak perlombaan renang Australia kerap menjuarai? ya, karena itu tadi, sekolah memfasilitasi.
Terus, siswa-siswinya bagaimana, Pak?
Mereka suka pergi ke sekolah. Di Australia, tidak ada satupun siswa yang membayar uang sekolah. Sekolah dibiayai oleh pemerintah lewat subsidi dana pajak. Siswa-siswi disana diwajibkan sekolah hingga kelas 10. Orangtua bisa masuk penjara kalau anaknya tidak disekolahkan.
Apakah mereka juga melanjutkan ke perguruan tinggi?
Sebagian iya. Australia cuma punya 39 universitas di seluruh wilayah Australia. Satu diantaranya milik swasta.
Wah, kalau begitu kemana siswa-siswi Australia yang lainnya? Apakah mereka menganggur?
Oh, tidak. Ada sebuah lembaga yang bernama TAFE, Technical And Further Education. Bahkan, lebih banyak tamatan sekolah Australia yang masuk TAFE daripada universitas.
Kenapa begitu, Pak?
Karena TAFE mengajarkan keterampilan. Misalnya, cara membangun rumah. Keterampilan yang diajarkan disini harus sesuai dengan standar karena untuk membuat rumah saja misalnya memerlukan pengukuran-pengukuran standar yang seragam di seluruh Australia. Ini yang membuat TAFE lebih diminati dibanding universitas. Kalau di universitas teoritisnya, maka di TAFE prakteknya. Akan lebih banyak ruangan untuk labor di TAFE daripada ruangan kelas seperti di universitas.
Lalu, mengapa orang Indonesia banyak yang masuk universitas di Australia sedangkan warga Australia sendiri lebih memilih TAFE?
Orang Indonesia masuk universitas di Australia demi mengejar gelar sarjana untuk dibawa ke Indonesia. Karena di Indonesia gelar sarjana adalah penguasa (berguna untuk status).
Hmm, berbeda sekali pandangan kita dengan Australia terhadap pendidikan ya, Pak. Menurut Bapak, apa sih kelemahan Indonesia dibanding Australia?
Hmm…, banyak. Tapi sesungguhnya Indonesia juga punya kelebihan. Dan tidak semua sistem di Australia yang bisa ditempatkan di Indonesia. Saya kira, Indonesia memiliki kelemahan pada tingkat pendidikan guru, sekolah terlalu banyak, fasilitas kurang. Satu lagi menurut saya orang Indonesia kurang suka tantangan.(wawancara oleh, Arif Budiman, Dedet Pratama Dinata, Rahmadanil, Opie, Fresti Aldi, dan Nilna. Dirangkum Nilna Rahmi Isna)

Halaman Teras Sekolah Tabloid Pmails Edisi 95

About these ads

6 thoughts on “Di Australia, Biaya Pendidikan Gratis

  1. Assalam’alaikum wr wb
    makasih ya atas info2 dari tulisannya
    sangat bermanfaat sekali…
    wassalam

    ———-
    nilna say : terima kasih kembali.

    • Kalo mau sekolah murah di australia ada beberapa kok ky, SBTA dan Bridge Business College, kalo mo info lebih jelas Coba aja Hubungi 087888831111 / christian.p@optima.education.com, dulu aku lewat agent aku itu lho
      OPTIMA EDUCATION.

      Lumayan ada kelas malam kok, jadi siang nya bisa kerja lho, kalo sekrang sih ga perlu kerja lagi karena dah kepincut BULE. ( Cania )

    • Maaf email nya salah yang diatas tadi
      Kalo mau sekolah murah di australia ada beberapa kok ky, SBTA dan Bridge Business College, kalo mo info lebih jelas Coba aja Hubungi 087888831111 /

      christian.p@optima-education.com,

      dulu aku lewat agent aku itu lhoOPTIMA EDUCATION.
      Lumayan ada kelas malam kok, jadi siang nya bisa kerja lho, kalo sekarang sih ga perlu kerja lagi karena dah kepincut BULE. ( Cania )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s