Rahasia Burung Hantu di Gelap Malam

“Matahari terbenam, hari mulai malam. Terdengar burung hantu, suaranya merdu. Huhu…huhu…huhu…huhu…huhu.” Adik-adik ceria pernah menyanyikan lagu itu, bukan?. Atau bagi kalian yang pernah menonton kisah Harry Potter, pasti kenal Hedwig? Yup… itu adalah burung kesayangannya Harry. Tapi, tau tidak apa burung hantu itu? Apa benar suaranya merdu? Apa benar tugas burung hantu adalah untuk mengantar surat?.

Burung hantu adalah burung yang tidur di siang hari dan bangun pada malam hari. Suaranya tidak semerdu burung kicauan. Suaranya terdengar melengking kadang-kadang bersiul dan berteriak. Lain waktu malah tidak terdengar. Burung hantu bekerja mencari mangsa pada malam hari. Jadi tidak mengantar surat seperti yang diceritakan pada Harry Potter.
Jika Adik-adik pernah mendengar suara “uhu… uhu…” pada malam hari, maka saat itulah burung hantu keluar dari sarangnya dan mulai berburu.Burung hantu merupakan hewan pemakan daging yang tergolong buas. Menurut ahli ada sekitar 222 spesies burung hantu yang tersebar ke seluruh dunia. Sebanyak 26 spesies ditemukan di Asia Tenggara dan 13 diantaranya terdapat di Indonesia. Tidak seperti jenis burung lainnya, burung hantu ini memiliki muka rata. Bukan rata tanpa hidung dan mata, lho?. Disebut rata karena burung hantu adalah satu-satunya burung yang letak matanya seperti manusia, yaitu mengarah ke depan. Bukan ke samping layaknya burung merpati atau gereja. Selain itu, burung hantu memiliki kepala yang besar dan bulat, serta mata besar yang melotot tajam. Bulu-bulu burung hantu sangat halus dan ekornya pendek tapi burung hantu memiliki kuku-kuku yang sangat tajam , paruh yang mirip paruh burung elang, serta sayap yang lebarnya melebihi tiga kali lebar tubuhnya. Tapi, adik-adik jangan takut. Meski terlihat menyeramkan, burung hantu tidak akan mengganggu manusia.
Burung hantu tidak dapat memutar bola matanya. Sebagai gantinya, burung hantu dapat memutar lehernya hingga 180 derjat. Jadi, burung hantu harus memutar kepalanya jika ingin mengikuti gerakan mangsa yang diincarnya. Nah, mungkin adik-adik bertanya, bagaimana burung hantu dapat melihat dan berburu dengan baik di tengah gelapnya malam?. Disinilah kekuasaan tuhan. Burung hantu diberi keistimewaan untuk dapat melihat 100 kali lebih peka daripada manusia. Mata dan selaput beningnya sangat besar. Matanya lebih bundar dibanding burung-burung lain. Berkat keistimewaan itulah ia dapat melihat dan menangkap mangsanya dengan baik di malam hari.
Nah, saat bekerja di malam hari, burung hantu tidak akan
mengeluarkan suara yang berisik. Karena burung hantu diberi kemampuan untuk dapat terbang tanpa mengeluarkan suara. Hal ini disebabkan sayap burung hantu yang halus seperti kapas. Kemampuan ini tentu saja sangat menguntungkan burung hantu karena mangsa sasarannya tidak akan mengetahui kedatangan burung hantu. Makanya, kita hanya sesekali mendengar suara burung hantu. Biasanya burung hantu akan mengeluarkan “uhu..”nya apabila telah mendapatkan mangsanya.
Makanan burung hantu berupa binatang seperti serangga, kodok, tikus dan lain-lain. Itu sebabnya burung hantu banyak bersarang di hutan yang memiliki banyak pohon, di gurun, bahkan ada yang bersarang di tengah-tengah pemukiman.(trubus.com /Nilna Rahmi Isna/SMAN 2 Padang)

Halaman Ceria, Harian Pagi Padang Ekspres Minggu

About these ads

71 thoughts on “Rahasia Burung Hantu di Gelap Malam

  1. mang bener bngat burung hantu muka rata.aku pernah berpasan dengannya dibelakang pekarangan kosong rumahku dikampug.tepat saat mahgrib tiba.aku sedikit merinding tp ga takut.burung hantu cuma meloloti kita aj ko.aku penasaran bngt ma burung hantu benarnya ada kaitannya gak y ma kematian ktnya kalo ada burung hantu mau ada orang yang meninggal ,bener gak si.

  2. aku punya burung hantu, cakep bgt… burung itu aku dptkan ketika ia menabrak jendela kamar hotel. sampe kini ia kupelihara……..
    ketika mendapati burung tsb banyak bgt org yg berusaha untuk meminta ataupun mendapatkannya krna burung tersebut terbilang jarang dan langka.!!!

    • trusss ditaruh dimana burhan nya. . . .apa dalam kandang ?. . . . .atau di taruh begitu aja yang diikat ?? . ..

  3. Hu,,hu,,hu…
    wkt itu jg bkp w prnh nemu brg hnt d kntr bkp w…
    trus,,d jual ma org laen…hu,hu,hu.. sebel..
    pdhl,klo g d jual..
    pgn w piara byr kyk harpot gitu…hu,hu,hu..
    ada yg tau bli burung hantu dmn g..?? hrgny brp…?

    • kebetulan baru saja saya dapatkan Burung Hantu Jenis Barn Owl yg paling bagus jenis Burhannya.
      ada yang mau beli?
      kebetulan saya dapatkan ketika di kantor DPRD Kab. Cilacap. Burhan tersebut turun di bawah, kemudian saya tangkap.

    • sy baru dapet brg hantu kalo maw,, mnta brapa,,, warnanya bagus lho… gw dibandung… hp . 085314028485..
      itu jg klo maw

  4. dirumahku da sarang burung hantu…
    awalnya cuma 2, ga tau dari mana asalnya…
    tapi sekarang ada banyak..
    n aku pengen pelihara salah satunya…
    cuma aku bingung cara nangkepnya gmn….
    palagi sarangnya atap gedung yang tinggi, jadi sulit banget buat di daki..
    btw da yang tau g ya cara menangkapnya…..?

    • Jangan Tangkap binatang liar apaun, biarkan mereka hidup dengan bebas. Siapapun tak kan suka di penjara, walaupun terbuat dari emas.

      Aku ini penyayang binatang.
      Kecuali : Nyamuk, Lalat, Kutu….dll.
      Kecuali binatang ternak lhooo…..
      Sayangi ciptaan Tuhan, maka Tuhan pun akan menyayangi mu.

    • jangan ditangkap kalau udah beranak pinak disekitar kita. . . . kita nikmati saja, dan kalau bisa dan kalau ada sediain makanan utk dia/ burhan nya. . . .apa kek atau sisa makanan daging/ tulsng yg kita makan . . . .

  5. Burung hantu adalah pemakan tikus, yang katanya bahkan dalam satu malam bisa membunuh beberapa ekor tikus. Waktu dulu proyek transmigrasi masih berkibar, burung hanti dipelihara di proyek transmigrasi agar dapat membantu warga trans melawan berkembang-biaknya tikus si hama tanaman pertanian. Bahan tidak segan-segan deptrans mengeluarkan ratusan juta rp untuk membiayai petugas pergi jalan-jalan ke LN (Philipina) studi burung hantu. Sekarang tahu lah…..

    ———-
    nilna say : terima kasih atas infonya.

  6. kak,mengapa burung hantu koq mencari mangsa_na pd malem hari kak or mbak…?n mbak mau tanya apa penyebab utamanya gangguan pada pernapasan?”cory lo mbak klu ganggu coz nie soal…. ”
    hee2**

    blez (085231690170)

    ———-
    nilna say : Kakak juga tidak tahu pasti. Tapi dari beberapa tulisan yang kakak baca, sebagian besar memberi alasan karena burung hantu memangsa ular dan tikus yang biasanya hadir di malam hari. Nah, burung hantu juga memiliki keistimewaan pada matanya. Mata burung hantu memiliki banyak sel batang yang cocok untuk melihat keadaan gelap dan sedikit sel kerucut yang cocok untuk melihat keadaan terang. Dengan demikian burung hantu melihat lebih jelas pada malam hari dibanding siang hari.

  7. makasih ya mbak atas balasan dari kakak,makasih banget za.eh q bleh nanya lagi ga?klu burung elang bisa melihat mangsa_na dari kejauhan 2 karena di mata_na da ap ya mbak?
    truz klu tempe baru jadi kan di bungkus ya,truz knapa ko klu dibuka ko hangat?ap karena jamur yang ada ditempe itu bernafas?

  8. MBAK KO G DI BLEZZZ CE????

    ———-
    nilna say : Wah, maaf ya Nawang. Pertanyaannya byk bgt ya. Kakak mencari literatur dulu

  9. Hmm,
    balik lg kmsalah brung hntu,
    sya pngin tnya dunx,
    gmn cara mrawat dgn baik,
    makanan ap yg cocok,
    dan bsa ga brung hntu dsuntik vaksin flu brung??
    Tolong djawab y,
    ke email saja,
    (kalau bisa)

  10. Halo, saya mw tanya” y,
    balik lg kmsalah brung hntu,
    sya pngin tnya dunx,
    gmn cara mrawat dgn baik,
    makanan ap yg cocok,
    dan bsa ga brung hntu dsuntik vaksin flu brung??
    Tolong djawab y,
    ke email saja,
    (kalau bisa)

  11. - gimana cara nangkep burung hantu???
    - apakah burung hantu dijual dipasaran???
    - apa makanan burung hantu???
    - pa bisa burung hantu diberi pakan kayak burung2 peliharaan yang lain sperti jala,menco,kenari dll ????

    balas di email q yah yuk15h1r0@yahoo.com

    lg HUNT burung hantu ene…pgn memelihara kyk LIMBAD

  12. permisi…maap ganggu
    mu tanya kalau dikasih mknannya siang2 dimakan gag yh?
    saya dari kemarin2 baru kasi 1 tikus
    dikasih kodok tdk dimakan..hmmff…
    kalo ulet jerman suka gag yah?
    sekian…
    trima kasih

  13. aku bnran takut lo kalau ada burung ygnyasar tengah malam …! nGERI LOO TEMEN2……… bertanda apa sich teman …. tolong ya beri komentar nya……..? saya ucap kan slmat malam aj smga tdr nya nyenyak / tenang …….!

  14. tadi pagi ada burung hantu di teras rumah….gw rasa c doski nabrak jendela…. sekarang lagi ada perdebatan di rumah mau dipiara apa ngga…gw pribadi si pengen miara….soalnya tu burung hantu cakep bgt…gag kaya punya nya limbad…serem….lagian menurut gw itu rejeki…
    pengen tanya euy,kalo makanan burung hantu selain tikus apa yah ?
    bagi-bagi info yaaah…tengkyu

  15. - gimana cara nangkep burung hantu???
    - apakah burung hantu dijual dipasaran???
    - apa makanan burung hantu???
    - pa bisa burung hantu diberi pakan kayak burung2 peliharaan yang lain sperti jala,menco,kenari dll ????

    balas di email q yah adelclassic@gmailcom

    lg HUNT burung hantu ene…pgn memelihara kyk LIMBAD

  16. - gimana cara nangkep burung hantu???
    - apakah burung hantu dijual dipasaran???
    - apa makanan burung hantu???
    bermaksud melihara brg hantu cz tertarik sama karakteristiknya

    balas di email q yah adelclassic@gmailcom

  17. -D tempat Q ad anax brung hAntu, tp bertubuh kecil sebesar burung kutilang bsar..
    -Sbenarny pengen Q tangkap n di pIara…
    -Tpi Q gx tw makanan brung hantu selain tikus, ular, n Dst..
    Dan mw makan gx lw d siang hari…?

    Mohon d blas!…
    Thankszx…

  18. Hai,,,kenalkan,,ax bru gbung,n mw tnya nich??
    Ax pnya burung hantu 2 ekor tapi msih kecil2 gto!!
    Dia sebaiknya dikasih makan apa ya?
    Pisang mw gk ya?
    Karna kalau dikasih tikus,atw yg laen kan gk mungkin!

  19. Aq abis nangkap 1 burung hantu masih kecil 35cm. Ibunya 50cm belum ketangkep aq ? Nih udah tak kasih katak belum di mkn, aq coba kasih telur juga, makanan alternatif apa yaa apa perlu air, ibunya apa nyarik ya

  20. nie q br liat d loteng atap rmhq..
    awalnya q pikir kucng yg biasa d atas..
    tp mlah kuq mlm kepalany kuq muter2…
    trus pagi ini q lht..
    ternyata burung hantu..

    nah skrng mslhny bgmn carany ngmbil burungny tuw..
    sulit bgt..
    ad yg pny usul ndak??

  21. mau nanya, sya punya burung hantu
    msh kecil,

    ada gak hubungan, klau pelihara burung hantu, bisa buat usaha jdi mju gak, mas?

  22. kl mau tau lebih jauh tanya di google aja lah. cari situs, cari forum. pake bahasa inggris keluarnya lebih lengkap dan akurat krn orang luar kl nulis pake penelitian dulu ga asal tulis, jgn males buka kamus kl ga ngerti, kan hrs belajar dan itu perlu niat.

    btw burung hantu itu bukan buat ditangkep / dipelihara cuma karena tertarik / ngiri sm limbad atau heripoter. burung hantu itu burung bebas bukan spt burung kenari atau kutilang yg jinak. kl mau pelihara harus komitmen untuk waktu yg lama. burung hantu bisa hidup hingga 50 tahun, siap merawat selama itu? kl sampe mati itu jadi pertanggungjawabanmu. siap sajiin daging segar tiap hari, bersihin kotorannya, bangun aviari, beli peralatan bwt melatihnya, dll secara konsisten. dan dia ga bisa dikandangin atau dirantai karena akan stress. hrs dilepas, dan kita perlu membangun kepercayaan sm burung ini. mereka akan terbang kembali ke kita kl mereka percaya. punya burung hantu harus modal. modal duit, disiplin, dan hati. dan kalo pun berhasil, burung hantu cuma bisa diurus sm 1 orang, ga bisa sekeluarga, dia ga akan mau disentuh sm orang lain.

    saran saya, mending jangan. kl cuma bwt pamer atau pajangan.

    apalagi penjual burung hantu. brengsek, ngambil anak2nya dari hutan dan dijual utk kepentingan pribadi. burung hantu adalah jenis burung yg mengenali dan bertanggung jawab terhadap anak2nya, kl hilang pasti dicari.

    dan burung hantu jgn disangkutin sm pertanda buruk. dia ga salah, dia cm binatang yg aktif di malam hari. Mitos cm dikarang sm manusia agar ada cerita menarik utk disebar, krn sebagian besar manusia jadi pengecut kl jalan di malam hari. Jgn asal percaya cm karena sebuah cerita menarik, cari tahu lebih lanjut, cari bukti, atau selamanya akan jadi manusia yg mudah dibodohi dan dipengaruhi.

    thanks. :)

    • Bisa coba dikasi jangkrik dlu gan. 10 biji pagi sama sore (tergantung ukuran owl). Klo udah rada gede ya bisa pipit klo ngak tikus putih. Murah paling 1k seekor.

  23. Pingback: 13 Jenis Burung Hantu ndonesia « rumah2hijau

  24. Gw jg melihara owl nih.. Masi imut2 tp.. ^^ klo ngak salah dari jenis megascope, setahu gw makanan yg ekonomis dan mudah didapetin ya jangkrik aja pagi kasi 10 biji sore juga 10 biji (tergantung ukuran owl) klo udah rada gede ya bisa burung pipit ato tikus putih.. Gak tega ngasih tikus got ato tikus rumahan.. Jorok soalnya. :p. Oya bagi temen2 yg pingin owl bisa coba nyari di pasar burung pas hari pasaran.. Jgn di pet shop, mahal. :p klo nangkep susah guys, orang pemburu handal kok dikadalin ^^. Yuk sharing pengetahuan.. Gw juga masi belajar nih.. Ni email gw. gothic_angel_kid@yahoo.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s